Sabtu, 23 Desember 2017

Lingkungan

Pada awal pelajaran ini, kamu akan mendengarkan pembacaan teks tentang lingkungan. Setelah proses pembelajaran diharapkan kamu dapat menulis hal penting dari suatu teks yang diperdengarkan. Kamu juga diharapkan dapat meringkas isi teks yang diperdengarkan.

1.  Menulis hal penting dari suatu teks yang diperdengarkan

Masih ingatkah kamu bagaimana mencari hal penting dari teks yang diperdengarkan? Caranya mudah, yaitu dengarkan baik-baik teks tersebut, buatlah pertanyaan dengan kata tanya, seperti: apa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah hal penting dari suatu teks.
Nah, untuk latihan dengarkan teks singkat berikut ini kemudian catatlah hal-hal penting yang kamu temukan.



Hidangan Laut
Demi gengsi, orang-orang sering lupa apa yang dikerjakan dapat merugikan alam. Gaya hidup sebagian orang kota yang gemar makan hidangan laut membuat populasi ikan tertentu menjadi langka. Tengoklah keriuhan di tempat makan kaki lima hingga restoran sea- food. Di sana banyak orang memesan atau makan hidangan seafood seperti lobster, telur ikan, teripang, udang atau ikan kakap. Padahal bahan makanan itu termasuk biota dan ikan yang semakin menipis keberadaannya di laut.
Berdasarkan teks bacaan tersebut kamu dapat menentukan hal-hal penting dari teks, sebagai berikut.
a.     Hidangan laut.
b.     Orang kota senang makan hidangan laut.



Gambar 1.1 Sebagian orang gemar makan aneka biota laut.


c.      Di tempat makan dan di restoran banyak dipesan lobster, telur ikan, dan sebagainya.
d.     Hal itu dilakukan kadang hanya demi gengsi.
e.      Akhirnya berakibat populasi ikan semakin langka.
Apabila dicermati, hal-hal penting tersebut adalah jawaban atas pertanyaan berikut ini.
a. Apa yang dibicarakan pada teks tersebut? b. Siapa yang suka makan hidangan laut?




c.      Di mana mereka sering memesan hidangan laut tersebut?
d.     Mengapa mereka melakukan hal itu?
e.      Bagaimana akibat dari kebiasaan makan hidangan seafood seperti lobster, telur ikan, teripang, udang atau ikan kakap dan sebagainya?
Agar kamu lebih paham, coba dengarkan teks pendek berikut ini kemudian tentukan hal-hal penting teks tersebut. Kerjakan di buku tulismu!

Razia
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Semarang yang tergabung dalam tim buru sampah sejak pukul 9.00 pagi, hari Sabtu 3 No- vember 2007 menggelar razia di sejumlah jalan protokol dan pasar tradisional. Kegiatan tersebut untuk menegakkan peraturan daerah (Perda) kebersihan sekaligus meminimalkan dampak banjir akibat sampah-sampah yang dibuang pada saluran air maupun sungai.
Sumber: Suara Merdeka, 4 November 2007
Hal-hal penting dari teks tersebut meliputi: a. . . . .
b.   . . . .
c.  . . . .
d.   . . . .
e.   . . . .
f.    . . . .

2.  Meringkas teks yang diperdengarkan

Bagaimana cara meringkas teks? Jika kamu sudah dapat menentukan hal- hal penting dari teks, berarti kamu sudah dapat meringkas teks. Caranya, gabungkan hal-hal penting tersebut menjadi paragraf yang baik. Gunakan kata penghubung yang tepat.
Teks berjudul “Hidangan Laut” dapat diringkas sebagai berikut.
Kegemaran makan hidangan laut yang dilakukan oleh sebagian orang kota di restauran atau kaki lima seafood dapat membuat populasi laut terganggu.











Pada bagian ini, kamu akan belajar menyampaikan pesan dari teks yang kamu baca. Setelah proses pembelajaran, diharapkan kamu dapat menentukan ide pokok tiap paragraf. Setelah itu, kamu diharapkan dapat menyampaikan kembali isi berita tersebut.

1.  Menentukan ide pokok/gagasan pokok tiap paragraf

Apa yang dimaksud dengan gagasan pokok itu? Gagasan pokok atau ide pokok atau pikiran utama adalah gagasan yang menjiwai tiap paragraf atau alinea. Jadi, dapat dikatakan gagasan pokok itu sama dengan tema sebuah paragraf. Gagasan pokok dijelaskan oleh kalimat pendukung yang disebut kalimat penjelas. Sebuah peragraf hanya memiliki satu gagasan pokok dan mungkin memiliki beberapa gagasan penjelas atau kalimat penjelas.
Sebagai contoh, perhatikan teks berikut.
(1)  Brastagi, sebuah kawasan ditanah Batak, sekitar 66 km dari Medan, dulu dikenal sebagai tempat tetirah orang-orang Belanda. (2) Maklum saja kawasan ini berada pada ketinggian 4000 kaki atau sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. (3) Hawa yang sejuk (bahkan dingin) selalu menjadi tujuan bagi mereka yang terbiasa berada dalam kesibukan dan kepenatan hidup setiap hari.
Coba perhatikan paragraf tersebut. Hal yang dibicarakan pada paragraf itu adalah “Brastagi, sebuah kawasan di tanah Batak”. Jadi, pada kalimat nomor 1 adalah kalimat utama paragraf tersebut. Kalimat lain (kalimat nomor 2 dan 3 adalah sebagai penjelas).

2.  Menyampaikan kembali isi berita yang dibaca

Setelah menemukan gagasan pokok berita, selanjutnya ceritakan kembali isi berita tersebut secara tertulis. Caranya dengan mengembangkan gagasan- gagasan pokok tersebut menjadi paragraf. Berilah kata penghubung atau kata keterangan sehingga menjadi padu dan jelas.





Latihan


1.             Bacalah teks berita berikut, kemudian tentukan ide pokok tiap paragraf.

Aktivitas Manusia Percepat Perubahan Keadaan Bumi
Semakin meningkatnya aktivitas manusia di bumi, makin memuncul- kan pula berbagai peningkatan soal dampak negatifnya. Menurut para ilmuwan sejumlah perubahan besar telah terjadi di antaranya makin pesatnya erosi lapisan tanah dan perubahan komposisi tanah serta kekacauan besar dalam siklus karbon dan suhu global.


Aktivitas manusia juga telah menimbulkan perubahan berskala global dalam biologi seperti perubahan


Gambar 1.2 Banyak keru- sakan akibat ulah manusia.


pola perkembangan tumbuhan, pola imigrasi serta meningkatnya kadar keasaman samudra yang menjadi dasar dari rantai makanan.
Paul Crutzen, pemenang hadiah nobel kimia tahun 2000 dalam tulisan yang dibuatnya bersama Eugene F Stoermer menyatakan, dalam beberapa generasi saja manusia telah menghabiskan bahan bakar fosil yang untuk menghasilkannya butuh waktu beberapa tahun. Dikatakannya juga bahwa lebih dari separuh wilayah bumi sudah berubah kondisinya akibat aktivitas manusia.



Gagasan pokok berita tersebut adalah:


Sumber: Solopos, 3 Feb. 2008


No.
Paragraf
Gagasan Pokok
1.
. . . .
. . . .
2.
. . . .
. . . .
3.
. . . .
. . . .

2.             Ceritakan kembali isi teks berita tersebut dengan bahasa yang baik dan benar. Lakukan kepada teman-temanmu di depan kelas!


 








Pada keterampilan membaca ini, kamu akan kembali membaca rubrik dari surat kabar. Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapkan kamu dapat memahami isi rubrik. Kamu juga diharapkan dapat menanggapi informasi dari rubrik surat kabar.

1.             Membaca rubrik

Bacalah rubrik koran berikut ini dengan seksama.

Perlindungan Kulit Lewat Udara Sehat
Jangan dikira polusi hanya ada di jalan raya saja. Jika sistem sirkulasi udara di rumah tidak dirancang dan dipelihara dengan baik, polusi yang ada di dalam rumah bisa lebih parah.
Polusi dalam ruang yang diakibatkan debu rumah bisa lebih parah. Polusi dalam ruang yang diakibatkan debu rumah ini bahkan bisa menjadi pemicu alergi yang lebih berat ketimbang polusi luar ruang.
Sebuah perusahaan kosmetik belum lama ini membuat produk terbarunya yang berupa pemurni kualitas udara atau air purifier. Produk ini diberi nama Kireion. Produk ini akan menjaga kelembaban udara tetap dalam kadar nor- mal 50% – 60%.
Dengan kelembaban yang cukup, aktivitas virus akan turun dan kulit serta tenggorokan akan terhindar dari kekeringan.
Sumber: Solopos, 3 Februari 2008 dengan pengubahan

Jawablah pertanyaan berikut.
a.     Apakah “Air Purifer Kireion” itu?
b.     Selain di jalan, polusi juga bisa terjadi di mana?
c.      Jelaskan penyebab polusi di dalam rumah?
d.     Sebutkan bahaya yang ditimbulkan polusi di dalam rumah?
e.      Air purifer dapat menjaga kelembaban udara hingga berapa persen?



2.            Menanggapi informasi dari rubrik


Setelah kamu membaca rubrik tersebut, kesan apa yang ada di benakmu? Bagaimana tanggapan atau pendapat terhadap rubrik tersebut? Baik atau tidak? Kalau baik bagaimana? Kalau tidak bagaimana?Pada awal pelajaran ini, kamu akan mendengarkan pembacaan teks tentang lingkungan. Setelah proses pembelajaran diharapkan kamu dapat menulis hal penting dari suatu teks yang diperdengarkan. Kamu juga diharapkan dapat meringkas isi teks yang diperdengarkan.

1.  Menulis hal penting dari suatu teks yang diperdengarkan

Masih ingatkah kamu bagaimana mencari hal penting dari teks yang diperdengarkan? Caranya mudah, yaitu dengarkan baik-baik teks tersebut, buatlah pertanyaan dengan kata tanya, seperti: apa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah hal penting dari suatu teks.
Nah, untuk latihan dengarkan teks singkat berikut ini kemudian catatlah hal-hal penting yang kamu temukan.



Hidangan Laut
Demi gengsi, orang-orang sering lupa apa yang dikerjakan dapat merugikan alam. Gaya hidup sebagian orang kota yang gemar makan hidangan laut membuat populasi ikan tertentu menjadi langka. Tengoklah keriuhan di tempat makan kaki lima hingga restoran sea- food. Di sana banyak orang memesan atau makan hidangan seafood seperti lobster, telur ikan, teripang, udang atau ikan kakap. Padahal bahan makanan itu termasuk biota dan ikan yang semakin menipis keberadaannya di laut.
Berdasarkan teks bacaan tersebut kamu dapat menentukan hal-hal penting dari teks, sebagai berikut.
a.     Hidangan laut.
b.     Orang kota senang makan hidangan laut.



Gambar 1.1 Sebagian orang gemar makan aneka biota laut.


c.      Di tempat makan dan di restoran banyak dipesan lobster, telur ikan, dan sebagainya.
d.     Hal itu dilakukan kadang hanya demi gengsi.
e.      Akhirnya berakibat populasi ikan semakin langka.
Apabila dicermati, hal-hal penting tersebut adalah jawaban atas pertanyaan berikut ini.
a. Apa yang dibicarakan pada teks tersebut? b. Siapa yang suka makan hidangan laut?




c.      Di mana mereka sering memesan hidangan laut tersebut?
d.     Mengapa mereka melakukan hal itu?
e.      Bagaimana akibat dari kebiasaan makan hidangan seafood seperti lobster, telur ikan, teripang, udang atau ikan kakap dan sebagainya?
Agar kamu lebih paham, coba dengarkan teks pendek berikut ini kemudian tentukan hal-hal penting teks tersebut. Kerjakan di buku tulismu!

Razia
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Semarang yang tergabung dalam tim buru sampah sejak pukul 9.00 pagi, hari Sabtu 3 No- vember 2007 menggelar razia di sejumlah jalan protokol dan pasar tradisional. Kegiatan tersebut untuk menegakkan peraturan daerah (Perda) kebersihan sekaligus meminimalkan dampak banjir akibat sampah-sampah yang dibuang pada saluran air maupun sungai.
Sumber: Suara Merdeka, 4 November 2007
Hal-hal penting dari teks tersebut meliputi: a. . . . .
b.   . . . .
c.  . . . .
d.   . . . .
e.   . . . .
f.    . . . .

2.  Meringkas teks yang diperdengarkan

Bagaimana cara meringkas teks? Jika kamu sudah dapat menentukan hal- hal penting dari teks, berarti kamu sudah dapat meringkas teks. Caranya, gabungkan hal-hal penting tersebut menjadi paragraf yang baik. Gunakan kata penghubung yang tepat.
Teks berjudul “Hidangan Laut” dapat diringkas sebagai berikut.
Kegemaran makan hidangan laut yang dilakukan oleh sebagian orang kota di restauran atau kaki lima seafood dapat membuat populasi laut terganggu.











Pada bagian ini, kamu akan belajar menyampaikan pesan dari teks yang kamu baca. Setelah proses pembelajaran, diharapkan kamu dapat menentukan ide pokok tiap paragraf. Setelah itu, kamu diharapkan dapat menyampaikan kembali isi berita tersebut.

1.  Menentukan ide pokok/gagasan pokok tiap paragraf

Apa yang dimaksud dengan gagasan pokok itu? Gagasan pokok atau ide pokok atau pikiran utama adalah gagasan yang menjiwai tiap paragraf atau alinea. Jadi, dapat dikatakan gagasan pokok itu sama dengan tema sebuah paragraf. Gagasan pokok dijelaskan oleh kalimat pendukung yang disebut kalimat penjelas. Sebuah peragraf hanya memiliki satu gagasan pokok dan mungkin memiliki beberapa gagasan penjelas atau kalimat penjelas.
Sebagai contoh, perhatikan teks berikut.
(1)  Brastagi, sebuah kawasan ditanah Batak, sekitar 66 km dari Medan, dulu dikenal sebagai tempat tetirah orang-orang Belanda. (2) Maklum saja kawasan ini berada pada ketinggian 4000 kaki atau sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. (3) Hawa yang sejuk (bahkan dingin) selalu menjadi tujuan bagi mereka yang terbiasa berada dalam kesibukan dan kepenatan hidup setiap hari.
Coba perhatikan paragraf tersebut. Hal yang dibicarakan pada paragraf itu adalah “Brastagi, sebuah kawasan di tanah Batak”. Jadi, pada kalimat nomor 1 adalah kalimat utama paragraf tersebut. Kalimat lain (kalimat nomor 2 dan 3 adalah sebagai penjelas).

2.  Menyampaikan kembali isi berita yang dibaca

Setelah menemukan gagasan pokok berita, selanjutnya ceritakan kembali isi berita tersebut secara tertulis. Caranya dengan mengembangkan gagasan- gagasan pokok tersebut menjadi paragraf. Berilah kata penghubung atau kata keterangan sehingga menjadi padu dan jelas.





Latihan


1.             Bacalah teks berita berikut, kemudian tentukan ide pokok tiap paragraf.

Aktivitas Manusia Percepat Perubahan Keadaan Bumi
Semakin meningkatnya aktivitas manusia di bumi, makin memuncul- kan pula berbagai peningkatan soal dampak negatifnya. Menurut para ilmuwan sejumlah perubahan besar telah terjadi di antaranya makin pesatnya erosi lapisan tanah dan perubahan komposisi tanah serta kekacauan besar dalam siklus karbon dan suhu global.


Aktivitas manusia juga telah menimbulkan perubahan berskala global dalam biologi seperti perubahan


Gambar 1.2 Banyak keru- sakan akibat ulah manusia.


pola perkembangan tumbuhan, pola imigrasi serta meningkatnya kadar keasaman samudra yang menjadi dasar dari rantai makanan.
Paul Crutzen, pemenang hadiah nobel kimia tahun 2000 dalam tulisan yang dibuatnya bersama Eugene F Stoermer menyatakan, dalam beberapa generasi saja manusia telah menghabiskan bahan bakar fosil yang untuk menghasilkannya butuh waktu beberapa tahun. Dikatakannya juga bahwa lebih dari separuh wilayah bumi sudah berubah kondisinya akibat aktivitas manusia.



Gagasan pokok berita tersebut adalah:


Sumber: Solopos, 3 Feb. 2008


No.
Paragraf
Gagasan Pokok
1.
. . . .
. . . .
2.
. . . .
. . . .
3.
. . . .
. . . .

2.             Ceritakan kembali isi teks berita tersebut dengan bahasa yang baik dan benar. Lakukan kepada teman-temanmu di depan kelas!


 








Pada keterampilan membaca ini, kamu akan kembali membaca rubrik dari surat kabar. Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapkan kamu dapat memahami isi rubrik. Kamu juga diharapkan dapat menanggapi informasi dari rubrik surat kabar.

1.             Membaca rubrik

Bacalah rubrik koran berikut ini dengan seksama.

Perlindungan Kulit Lewat Udara Sehat
Jangan dikira polusi hanya ada di jalan raya saja. Jika sistem sirkulasi udara di rumah tidak dirancang dan dipelihara dengan baik, polusi yang ada di dalam rumah bisa lebih parah.
Polusi dalam ruang yang diakibatkan debu rumah bisa lebih parah. Polusi dalam ruang yang diakibatkan debu rumah ini bahkan bisa menjadi pemicu alergi yang lebih berat ketimbang polusi luar ruang.
Sebuah perusahaan kosmetik belum lama ini membuat produk terbarunya yang berupa pemurni kualitas udara atau air purifier. Produk ini diberi nama Kireion. Produk ini akan menjaga kelembaban udara tetap dalam kadar nor- mal 50% – 60%.
Dengan kelembaban yang cukup, aktivitas virus akan turun dan kulit serta tenggorokan akan terhindar dari kekeringan.
Sumber: Solopos, 3 Februari 2008 dengan pengubahan

Jawablah pertanyaan berikut.
a.     Apakah “Air Purifer Kireion” itu?
b.     Selain di jalan, polusi juga bisa terjadi di mana?
c.      Jelaskan penyebab polusi di dalam rumah?
d.     Sebutkan bahaya yang ditimbulkan polusi di dalam rumah?
e.      Air purifer dapat menjaga kelembaban udara hingga berapa persen?



2.            Menanggapi informasi dari rubrik

Setelah kamu membaca rubrik tersebut, kesan apa yang ada di benakmu? Bagaimana tanggapan atau pendapat terhadap rubrik tersebut? Baik atau tidak? Kalau baik bagaimana? Kalau tidak bagaimana?

0 komentar:

Posting Komentar