Pada awal
pelajaran ini, kamu akan mendengarkan pembacaan teks tentang lingkungan.
Setelah proses pembelajaran diharapkan kamu dapat menulis hal penting dari
suatu teks yang diperdengarkan. Kamu juga diharapkan dapat meringkas isi teks
yang diperdengarkan.
1. Menulis hal penting dari suatu teks yang diperdengarkan
Masih ingatkah
kamu bagaimana mencari hal penting dari
teks yang diperdengarkan?
Caranya mudah, yaitu dengarkan baik-baik teks tersebut, buatlah pertanyaan
dengan kata tanya, seperti: apa, di mana,
kapan, mengapa dan bagaimana.
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah hal penting dari suatu
teks.
Nah, untuk
latihan dengarkan teks singkat berikut ini kemudian catatlah hal-hal penting
yang kamu temukan.
Hidangan Laut
Demi gengsi,
orang-orang sering lupa apa yang dikerjakan dapat merugikan alam. Gaya hidup sebagian
orang kota yang gemar makan hidangan laut membuat populasi ikan tertentu menjadi langka. Tengoklah keriuhan di tempat makan kaki lima hingga restoran sea- food. Di sana banyak
orang memesan atau makan
hidangan seafood seperti lobster,
telur ikan, teripang, udang
atau ikan kakap.
Padahal bahan makanan itu termasuk biota dan ikan yang semakin menipis
keberadaannya di laut.
Berdasarkan teks
bacaan tersebut kamu dapat menentukan hal-hal penting dari teks, sebagai
berikut.
a. Hidangan laut.
b. Orang kota senang makan
hidangan laut.
![]() |
Gambar 1.1 Sebagian orang gemar makan
aneka biota laut.
c.
Di tempat makan dan di restoran banyak dipesan lobster, telur ikan, dan sebagainya.
d. Hal itu dilakukan kadang
hanya demi gengsi.
e.
Akhirnya berakibat populasi ikan semakin langka.
Apabila dicermati, hal-hal penting
tersebut adalah jawaban
atas pertanyaan berikut ini.
a. Apa yang dibicarakan pada teks tersebut? b. Siapa yang suka makan hidangan laut?
c.
Di mana mereka sering memesan hidangan laut tersebut?
d. Mengapa mereka melakukan
hal itu?
e.
Bagaimana akibat dari kebiasaan makan hidangan seafood seperti lobster, telur ikan, teripang, udang atau ikan kakap dan sebagainya?
Agar kamu lebih paham,
coba dengarkan teks pendek berikut
ini kemudian tentukan hal-hal
penting teks tersebut.
Kerjakan di buku tulismu!
Razia
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Semarang yang tergabung dalam tim buru sampah sejak pukul 9.00 pagi,
hari Sabtu 3 No- vember 2007 menggelar razia di sejumlah
jalan protokol dan pasar tradisional. Kegiatan tersebut untuk
menegakkan peraturan daerah (Perda) kebersihan sekaligus meminimalkan dampak banjir
akibat sampah-sampah yang dibuang
pada saluran air maupun sungai.
Sumber: Suara Merdeka, 4 November 2007
Hal-hal penting dari teks tersebut meliputi:
a. . . . .
b. . . . .
c. .
. . .
d. . . . .
e. . . . .
f. . . . .
2.
Meringkas teks yang diperdengarkan
Bagaimana cara
meringkas teks? Jika kamu sudah dapat menentukan hal- hal penting dari teks,
berarti kamu sudah dapat meringkas teks. Caranya, gabungkan hal-hal penting
tersebut menjadi paragraf yang baik. Gunakan kata penghubung yang tepat.
Teks berjudul “Hidangan Laut” dapat diringkas sebagai
berikut.
Kegemaran makan hidangan laut yang dilakukan
oleh sebagian orang kota
di restauran atau kaki lima seafood dapat
membuat populasi laut terganggu.
![]() |


Pada bagian ini, kamu akan belajar
menyampaikan pesan dari teks yang kamu
baca. Setelah proses pembelajaran,
diharapkan kamu dapat menentukan ide pokok
tiap paragraf. Setelah itu, kamu diharapkan dapat menyampaikan kembali isi
berita tersebut.
1. Menentukan ide pokok/gagasan pokok tiap paragraf
Apa yang
dimaksud dengan gagasan pokok itu? Gagasan pokok atau ide pokok atau pikiran
utama adalah gagasan yang menjiwai tiap paragraf atau alinea. Jadi, dapat
dikatakan gagasan pokok itu sama dengan tema sebuah paragraf. Gagasan pokok
dijelaskan oleh kalimat pendukung yang disebut kalimat penjelas. Sebuah
peragraf hanya memiliki satu gagasan pokok dan mungkin memiliki beberapa
gagasan penjelas atau kalimat penjelas.
Sebagai contoh, perhatikan teks berikut.
(1) Brastagi, sebuah kawasan
ditanah Batak, sekitar 66 km dari Medan, dulu dikenal sebagai tempat tetirah
orang-orang Belanda. (2) Maklum saja kawasan ini berada pada ketinggian 4000
kaki atau sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. (3) Hawa yang sejuk
(bahkan dingin) selalu menjadi tujuan bagi mereka yang terbiasa berada
dalam kesibukan dan kepenatan hidup
setiap hari.
Coba perhatikan
paragraf tersebut. Hal yang dibicarakan pada paragraf itu adalah
“Brastagi, sebuah kawasan
di tanah Batak”.
Jadi, pada kalimat
nomor 1 adalah kalimat utama paragraf tersebut. Kalimat lain (kalimat
nomor 2 dan 3 adalah sebagai penjelas).
2. Menyampaikan kembali isi berita yang dibaca
Setelah
menemukan gagasan pokok berita, selanjutnya ceritakan kembali isi berita
tersebut secara tertulis. Caranya dengan mengembangkan gagasan- gagasan pokok
tersebut menjadi paragraf. Berilah kata penghubung atau kata keterangan
sehingga menjadi padu dan jelas.
Latihan
1.
Bacalah teks berita berikut, kemudian
tentukan ide pokok tiap paragraf.
Aktivitas Manusia Percepat Perubahan
Keadaan Bumi
Semakin
meningkatnya aktivitas manusia di bumi, makin memuncul- kan pula berbagai
peningkatan soal dampak negatifnya. Menurut para ilmuwan sejumlah perubahan
besar telah terjadi di antaranya makin pesatnya erosi lapisan tanah dan
perubahan komposisi tanah serta kekacauan besar dalam siklus karbon dan suhu
global.
Aktivitas manusia juga telah menimbulkan perubahan berskala global dalam biologi
seperti perubahan
Gambar 1.2 Banyak
keru- sakan akibat ulah manusia.
pola perkembangan tumbuhan, pola imigrasi
serta meningkatnya kadar keasaman samudra yang menjadi dasar dari rantai
makanan.
Paul Crutzen,
pemenang hadiah nobel kimia tahun 2000 dalam tulisan yang dibuatnya bersama
Eugene F Stoermer
menyatakan, dalam beberapa
generasi saja manusia telah menghabiskan bahan bakar fosil yang untuk menghasilkannya
butuh waktu beberapa tahun.
Dikatakannya juga bahwa lebih dari
separuh wilayah bumi sudah berubah
kondisinya akibat aktivitas manusia.
Gagasan pokok berita tersebut adalah:
Sumber: Solopos, 3 Feb. 2008

No.
|
Paragraf
|
Gagasan Pokok
|
1.
|
. . . .
|
. . . .
|
2.
|
. . . .
|
. . . .
|
3.
|
. . . .
|
. . . .
|
2.
Ceritakan kembali isi teks berita tersebut dengan bahasa
yang baik dan benar. Lakukan kepada
teman-temanmu di depan kelas!

![]() |

Pada
keterampilan membaca ini, kamu akan kembali membaca rubrik dari surat kabar.
Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapkan kamu dapat memahami isi rubrik.
Kamu juga diharapkan dapat menanggapi informasi dari rubrik surat kabar.
1.
Membaca rubrik
Bacalah rubrik koran berikut ini dengan seksama.
Perlindungan Kulit Lewat Udara Sehat
Jangan dikira
polusi hanya ada di jalan
raya saja. Jika sistem sirkulasi
udara di rumah tidak
dirancang dan dipelihara dengan baik, polusi
yang ada di dalam
rumah bisa lebih parah.
Polusi dalam
ruang yang diakibatkan debu rumah bisa lebih parah. Polusi dalam ruang yang
diakibatkan debu rumah ini bahkan bisa menjadi pemicu alergi yang lebih berat
ketimbang polusi luar ruang.
Sebuah
perusahaan kosmetik belum lama ini membuat produk terbarunya yang berupa
pemurni kualitas udara atau air purifier.
Produk ini diberi nama Kireion.
Produk ini akan menjaga kelembaban udara tetap dalam kadar nor- mal 50% – 60%.
Dengan kelembaban yang cukup, aktivitas
virus akan turun dan kulit serta
tenggorokan akan terhindar dari kekeringan.
Sumber: Solopos, 3 Februari 2008 dengan pengubahan
Jawablah pertanyaan berikut.
a. Apakah “Air Purifer Kireion” itu?
b. Selain di jalan, polusi
juga bisa terjadi di mana?
c.
Jelaskan penyebab polusi di dalam rumah?
d. Sebutkan bahaya yang ditimbulkan polusi di dalam rumah?
e.
Air purifer dapat menjaga kelembaban udara hingga berapa persen?

2.
Menanggapi informasi dari rubrik
Setelah kamu
membaca rubrik tersebut, kesan apa yang ada di benakmu? Bagaimana tanggapan atau pendapat terhadap rubrik tersebut? Baik
atau tidak? Kalau baik bagaimana? Kalau tidak bagaimana? Pada awal
pelajaran ini, kamu akan mendengarkan pembacaan teks tentang lingkungan.
Setelah proses pembelajaran diharapkan kamu dapat menulis hal penting dari
suatu teks yang diperdengarkan. Kamu juga diharapkan dapat meringkas isi teks
yang diperdengarkan.
1. Menulis hal penting dari suatu teks yang diperdengarkan
Masih ingatkah
kamu bagaimana mencari hal penting dari
teks yang diperdengarkan?
Caranya mudah, yaitu dengarkan baik-baik teks tersebut, buatlah pertanyaan
dengan kata tanya, seperti: apa, di mana,
kapan, mengapa dan bagaimana.
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah hal penting dari suatu
teks.
Nah, untuk
latihan dengarkan teks singkat berikut ini kemudian catatlah hal-hal penting
yang kamu temukan.
Hidangan Laut
Demi gengsi,
orang-orang sering lupa apa yang dikerjakan dapat merugikan alam. Gaya hidup sebagian
orang kota yang gemar makan hidangan laut membuat populasi ikan tertentu menjadi langka. Tengoklah keriuhan di tempat makan kaki lima hingga restoran sea- food. Di sana banyak
orang memesan atau makan
hidangan seafood seperti lobster,
telur ikan, teripang, udang
atau ikan kakap.
Padahal bahan makanan itu termasuk biota dan ikan yang semakin menipis
keberadaannya di laut.
Berdasarkan teks
bacaan tersebut kamu dapat menentukan hal-hal penting dari teks, sebagai
berikut.
a. Hidangan laut.
b. Orang kota senang makan
hidangan laut.
![]() |
Gambar 1.1 Sebagian orang gemar makan
aneka biota laut.
c.
Di tempat makan dan di restoran banyak dipesan lobster, telur ikan, dan sebagainya.
d. Hal itu dilakukan kadang
hanya demi gengsi.
e.
Akhirnya berakibat populasi ikan semakin langka.
Apabila dicermati, hal-hal penting
tersebut adalah jawaban
atas pertanyaan berikut ini.
a. Apa yang dibicarakan pada teks tersebut? b. Siapa yang suka makan hidangan laut?
c.
Di mana mereka sering memesan hidangan laut tersebut?
d. Mengapa mereka melakukan
hal itu?
e.
Bagaimana akibat dari kebiasaan makan hidangan seafood seperti lobster, telur ikan, teripang, udang atau ikan kakap dan sebagainya?
Agar kamu lebih paham,
coba dengarkan teks pendek berikut
ini kemudian tentukan hal-hal
penting teks tersebut.
Kerjakan di buku tulismu!
Razia
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Semarang yang tergabung dalam tim buru sampah sejak pukul 9.00 pagi,
hari Sabtu 3 No- vember 2007 menggelar razia di sejumlah
jalan protokol dan pasar tradisional. Kegiatan tersebut untuk
menegakkan peraturan daerah (Perda) kebersihan sekaligus meminimalkan dampak banjir
akibat sampah-sampah yang dibuang
pada saluran air maupun sungai.
Sumber: Suara Merdeka, 4 November 2007
Hal-hal penting dari teks tersebut meliputi:
a. . . . .
b. . . . .
c. .
. . .
d. . . . .
e. . . . .
f. . . . .
2.
Meringkas teks yang diperdengarkan
Bagaimana cara
meringkas teks? Jika kamu sudah dapat menentukan hal- hal penting dari teks,
berarti kamu sudah dapat meringkas teks. Caranya, gabungkan hal-hal penting
tersebut menjadi paragraf yang baik. Gunakan kata penghubung yang tepat.
Teks berjudul “Hidangan Laut” dapat diringkas sebagai
berikut.
Kegemaran makan hidangan laut yang dilakukan
oleh sebagian orang kota
di restauran atau kaki lima seafood dapat
membuat populasi laut terganggu.
![]() |


Pada bagian ini, kamu akan belajar
menyampaikan pesan dari teks yang kamu
baca. Setelah proses pembelajaran,
diharapkan kamu dapat menentukan ide pokok
tiap paragraf. Setelah itu, kamu diharapkan dapat menyampaikan kembali isi
berita tersebut.
1. Menentukan ide pokok/gagasan pokok tiap paragraf
Apa yang
dimaksud dengan gagasan pokok itu? Gagasan pokok atau ide pokok atau pikiran
utama adalah gagasan yang menjiwai tiap paragraf atau alinea. Jadi, dapat
dikatakan gagasan pokok itu sama dengan tema sebuah paragraf. Gagasan pokok
dijelaskan oleh kalimat pendukung yang disebut kalimat penjelas. Sebuah
peragraf hanya memiliki satu gagasan pokok dan mungkin memiliki beberapa
gagasan penjelas atau kalimat penjelas.
Sebagai contoh, perhatikan teks berikut.
(1) Brastagi, sebuah kawasan
ditanah Batak, sekitar 66 km dari Medan, dulu dikenal sebagai tempat tetirah
orang-orang Belanda. (2) Maklum saja kawasan ini berada pada ketinggian 4000
kaki atau sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. (3) Hawa yang sejuk
(bahkan dingin) selalu menjadi tujuan bagi mereka yang terbiasa berada
dalam kesibukan dan kepenatan hidup
setiap hari.
Coba perhatikan
paragraf tersebut. Hal yang dibicarakan pada paragraf itu adalah
“Brastagi, sebuah kawasan
di tanah Batak”.
Jadi, pada kalimat
nomor 1 adalah kalimat utama paragraf tersebut. Kalimat lain (kalimat
nomor 2 dan 3 adalah sebagai penjelas).
2. Menyampaikan kembali isi berita yang dibaca
Setelah
menemukan gagasan pokok berita, selanjutnya ceritakan kembali isi berita
tersebut secara tertulis. Caranya dengan mengembangkan gagasan- gagasan pokok
tersebut menjadi paragraf. Berilah kata penghubung atau kata keterangan
sehingga menjadi padu dan jelas.
Latihan
1.
Bacalah teks berita berikut, kemudian
tentukan ide pokok tiap paragraf.
Aktivitas Manusia Percepat Perubahan
Keadaan Bumi
Semakin
meningkatnya aktivitas manusia di bumi, makin memuncul- kan pula berbagai
peningkatan soal dampak negatifnya. Menurut para ilmuwan sejumlah perubahan
besar telah terjadi di antaranya makin pesatnya erosi lapisan tanah dan
perubahan komposisi tanah serta kekacauan besar dalam siklus karbon dan suhu
global.
Aktivitas manusia juga telah menimbulkan perubahan berskala global dalam biologi
seperti perubahan
Gambar 1.2 Banyak
keru- sakan akibat ulah manusia.
pola perkembangan tumbuhan, pola imigrasi
serta meningkatnya kadar keasaman samudra yang menjadi dasar dari rantai
makanan.
Paul Crutzen,
pemenang hadiah nobel kimia tahun 2000 dalam tulisan yang dibuatnya bersama
Eugene F Stoermer
menyatakan, dalam beberapa
generasi saja manusia telah menghabiskan bahan bakar fosil yang untuk menghasilkannya
butuh waktu beberapa tahun.
Dikatakannya juga bahwa lebih dari
separuh wilayah bumi sudah berubah
kondisinya akibat aktivitas manusia.
Gagasan pokok berita tersebut adalah:
Sumber: Solopos, 3 Feb. 2008

No.
|
Paragraf
|
Gagasan Pokok
|
1.
|
. . . .
|
. . . .
|
2.
|
. . . .
|
. . . .
|
3.
|
. . . .
|
. . . .
|
2.
Ceritakan kembali isi teks berita tersebut dengan bahasa
yang baik dan benar. Lakukan kepada
teman-temanmu di depan kelas!

![]() |

Pada
keterampilan membaca ini, kamu akan kembali membaca rubrik dari surat kabar.
Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapkan kamu dapat memahami isi rubrik.
Kamu juga diharapkan dapat menanggapi informasi dari rubrik surat kabar.
1.
Membaca rubrik
Bacalah rubrik koran berikut ini dengan seksama.
Perlindungan Kulit Lewat Udara Sehat
Jangan dikira
polusi hanya ada di jalan
raya saja. Jika sistem sirkulasi
udara di rumah tidak
dirancang dan dipelihara dengan baik, polusi
yang ada di dalam
rumah bisa lebih parah.
Polusi dalam
ruang yang diakibatkan debu rumah bisa lebih parah. Polusi dalam ruang yang
diakibatkan debu rumah ini bahkan bisa menjadi pemicu alergi yang lebih berat
ketimbang polusi luar ruang.
Sebuah
perusahaan kosmetik belum lama ini membuat produk terbarunya yang berupa
pemurni kualitas udara atau air purifier.
Produk ini diberi nama Kireion.
Produk ini akan menjaga kelembaban udara tetap dalam kadar nor- mal 50% – 60%.
Dengan kelembaban yang cukup, aktivitas
virus akan turun dan kulit serta
tenggorokan akan terhindar dari kekeringan.
Sumber: Solopos, 3 Februari 2008 dengan pengubahan
Jawablah pertanyaan berikut.
a. Apakah “Air Purifer Kireion” itu?
b. Selain di jalan, polusi
juga bisa terjadi di mana?
c.
Jelaskan penyebab polusi di dalam rumah?
d. Sebutkan bahaya yang ditimbulkan polusi di dalam rumah?
e.
Air purifer dapat menjaga kelembaban udara hingga berapa persen?

2.
Menanggapi informasi dari rubrik
Setelah kamu
membaca rubrik tersebut, kesan apa yang ada di benakmu? Bagaimana tanggapan atau pendapat terhadap rubrik tersebut? Baik
atau tidak? Kalau baik bagaimana? Kalau tidak bagaimana?
0 komentar:
Posting Komentar